Home » bunuh diri » Tertinggi dalam 12 Tahun, Angka Bunuh Diri di Jepang

Tertinggi dalam 12 Tahun, Angka Bunuh Diri di Jepang

Tertinggi dalam 12 Tahun, Angka Bunuh Diri di Jepang

Sabtu, 26 Desember 2009 12:36:26

Kasus bunuh diri di Jepang pada tahun 2009 mencapai 30.000 kasus. Angka ini merupakan yang tertinggi dalam kurun waktu 12 tahun terakhir.

Menurut Kepolisian Nasional Jepang, antara bulan Januari hingga November total 30.181 jiwa melakukan tindak bunuh diri di negeri sakura tersebut. Hal ini tentu sangat menyedihkan mengingat usaha pemerintah Jepang untuk memberikan konseling gencar dilakukan. Demikian diberitakan AFP, Sabtu (26/12/2009).

Sementara itu dari data WHO, Organisasi Kesehatan Dunia disebutkan angka kematian akibat bunuh diri di Jepang merupakan yang tertinggi di dunia. Jika dibandingkan angka kasus bunuh diri di beberapa negara bekas Uni Soviet, jumlah kematian akibat bunuh diri di Jepang masih lebih tinggi.

Jepang pertama kali mencatat angka kematian akibat bunuh diri yang mencapai 30.000 di negara itu pada tahun 1998. Saat itu kekuatan ekonomi terbesar kedua dunia tersebut sedang berjuang untuk bertahan dari himpitan krisis moneter yang melanda. Bangkrut perusahaan serta kehilangan pekerjaan menjadi alasan utama tingginya angka bunuh diri saat ini.

Para ahli jiwa sebelumnya sempat memperingatkan tingginya kasus bunuh diri tahun ini, mengingat kondisi ekonomi dunia sekarang bisa dikatakan serupa dengan tahun 1998.

Terlepas dari itu, Jepang memang dikenal akan tradisi bunuh diri. Tradisi kuno Seppuku dikala peperangan dikenal luas dikalangan samurai Jepang. Umumnya mereka akan melakukan ritual ini saat menderita kekalahan dari lawannya.

http://esqmagazine.com/internasional/2009/12/26/1118/tertinggi-dalam-12-tahun-angka-bunuh-diri-di-jepang.html

(oz/kl/esqmagazine.com)

%d bloggers like this: