Home » etnis tionghoa » Etnis Tionghoa Sering Jadi Korban Pungli Birokrasi

Etnis Tionghoa Sering Jadi Korban Pungli Birokrasi

03 Februari 2011, 14:58:22| Laporan Iping Supingah
Etnis Tionghoa Sering Jadi Korban Pungli Birokrasi

suarasurabaya.net| Etnis Tionghoa menengah ke bawah masih sering menjadi korban pungutan liar (pungli) dalam birokrasi.

Ini disampaikan HERMAN HERY anggota DPR etnis Tionghoa menyikapi hari Imlek atau Gong Xi Fa Cai, Kamis (03/02) hari ini.

Dilaporkan FAIZ FAJARUDIN reporter Suara Surabaya di Jakarta, menurut HERMAN, kemudahan-kemudahan dalam mengurus surat-surat seperti KTP, KK sampai paspor baru dirasakan etnis Tionghoa menengah ke atas.

Meskipun para pejabat sudah mengatakan pembuatan syarat-syarat administrasi mudah, tetapi kata HERMAN untuk etnis Tionghoa menengah bawah masih sering merasakan pungli.

Apalagi secara psikologis, etnis Tionghoa ini masih merasakan kalau mereka merupakan masyarakat golongan kelas dua,sehingga sering dimanfaatkan oknum petugas yang tidak bertanggungjawab.

Sebagai anggota DPR, dia tidak habis-habisnya minta pemerintah memperhatikan masalah birokrasi terutama untuk etnis Tionghoa, tetapi ternyata kesulitan-kesulitan bahkan pungli masih dirasakan etnis Tionghoa kelas menengah ke bawah.

HERMAN menyarankan, untuk memperbaiki birokrasi pemerintah harus memberi sanksi tegas pada oknum yang suka melakukan pungli itu. Sanksi itu harus dituangkan dalam aturan atau Undang-undang.(faz/ipg)

Sumber:
http://kelanakota.suarasurabaya.net/?id=ba6aabfbd15262bbbdb653a14fda2b3a201188418