Home » Uncategorized » Office Boy Temukan Uang Rp 100 Juta, Agus dan Kisah Umar bin Khattab

Office Boy Temukan Uang Rp 100 Juta, Agus dan Kisah Umar bin Khattab

Jakarta – Kejujuran Agus Chaerudin (35) patut diacungi jempol. Office boy di Bank Syariah Mandiri, Bekasi ini menemukan uang Rp 100 juta di tempat sampah kantornya. Dia tidak mengambilnya tetapi memilih mengembalikannya.

“Allah Maha melihat,” kata Agus saat ditemui di kantornya di kawasan Kalimalang di Plaza Duta Permai, Jakasampurna, Bekasi, Rabu (19/12/2012).

Agus, ayah 3 anak yang masih tinggal bersama mertua ini mengaku, orang tuanya selalu mengajarinya untuk tak menjadi pencuri. Kejujuran harus diutamakan. Orang tua Agus juga seorang pegawai rendahan di salah satu bank.

“Kisah yang saya kagumi Umar bin Khatab,” terang Agus.

Agus mengaku pernah membaca kisah Umar bin Khatab kala menjadi khalifah. Sahabat nabi itu amat mengutamakan kesederhanaan dan kejujuran.

“Khalifah Umar bahkan hanya mempunya dua helai pakaian,” cerita Agus sambil menitikan air mata.

Yang dia kagumi, bahkan Umar tak mau memakai fasilitas negara kala berbicara dengan anaknya. Agus menukilkan kisah Umar yang memadamkan lampu ketika berbincang dengan anaknya. Lampu dimatikan karena menggunakan uang negara, sedang berbicara dengan anak urusan pribadi.

“Saya berharap ada pemimpin seperti Umar,” tutur Agus yang sudah bekerja 3 tahun dengan gaji sebulan Rp 2,2 juta ini.

Agus menemukan uang itu pada bulan Ramadan, 4 Agustus lalu. Saat itu hari sudah sore, kantor sudah sepi. Kala itu, seperti biasa dia membereskan kantor sebelum pulang.

Di tempat sampah dia menemukan uang pecahan Rp 100 ribu dalam 10 bundel. Agus tak berani menyentuh uang itu, dia lalu memanggil satpam.

Satpam kemudian melaporkan kepada staf bank. Uang dihitung dan ada Rp 100 juta. Uang itu bukan milik nasabah, tetapi milik bank. Uang itu tercecer karena ketidakhati-hatian seorang teller.

Agus karena kejujurannya, diberi hadiah Rp 1,75 juta dan piagam. “Saya tak mengharap hadiah, bekerja saja sudah alhamdulillah,” terang Agus yang dahulu pernah bekerja serabutan sebagai tukang parkir dan asongan ini.

(ndr/fjp)

Sumber:
http://news.detik.com/read/2012/12/20/061142/2122998/10/office-boy-temukan-uang-rp-100-juta-agus-dan-kisah-umar-bin-khatab?991104topnews

%d bloggers like this: