Home » Uncategorized » Paus Fransiskus minta Vatikan dukung kelompok kaum gay

Paus Fransiskus minta Vatikan dukung kelompok kaum gay

Reporter : Pandasurya Wijaya | Selasa, 11 Maret 2014 13:32

Merdeka.com – Kardinal senior Timothy Dolan di Gereja Vatikan mengatakan di masa mendatang Paus Fransiskus ingin Vatikan mendukung kelompok gay.

Dia juga ingin Gereja Katolik mempelajari kelompok sesama jenis ketimbang mengecam mereka, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Senin (10/3).

Kardinal Dolan mengatakan kepada pemirsa televisi Amerika Serikat, Paus Fransiskus ingin para pemimpin gereja mempelajari apa alasan yang mendorong terjadinya kelompok kaum gay.

“Dia bilang, ‘daripada mengecam mereka, lebih baik mempertanyakan mengapa itu terjadi pada sebagian orang’,” kata Dolan.

Dalam wawancara peringatan setahun menjabat sebagai pemimpin umat Katolik sedunia dengan surat kabar Italia Corriera della Sera, Paus menegaskan sikap Vatikan yang menolak pernikahan sejenis namun beberapa jenis himpunan kelompok gay bisa diterima gereja Katolik.

Paus sebelumnya pernah mengatakan pernikahan adalah antara laki-laki dan perempuan tapi dia menambahkan, “Kita juga harus melihat kasus lain yang berbeda dan mengevaluasinya.”

Beberapa negara, kata Paus, menerima kelompok-kelompok masyarakat tertentu untuk menempatkan mereka setara dalam pelayanan hukum dan ekonomi, termasuk kelompok atau himpunan kaum gay.

Semasa masih menjadi Uskup Agung di Argentina, Paus Fransiskus termasuk salah satu pemimpin gereja paling keras menentang pengesahan pernikahan kaum sejenis. Dia menyebut rencana pengesahan aturan membolehkan pernikahan sejenis itu sebagai “serangan berbahaya terhadap rencana Tuhan”.
[fas]

Sumber:
http://www.merdeka.com/dunia/paus-fransiskus-minta-vatikan-dukung-kelompok-kaum-gay.html

%d bloggers like this: